Sabtu, 26 April 2008

Seni Arsitektur Islam Modern

Tetap di kotaku tercinta Jember.

Perkembangan jaman membuat perubahan – perubahan dalam karya seni. Baik seni lukis, gerak, teater dan seni bangun. Bahkan perubahan juga terjadi pada budaya masyarakat. Saat ini masyarakat cenderung mengarah ke arah praktis, mudah dan nyaman. Perubahan ini tidak serta merta di ambil oleh masyarakat, tetap melakukan penilaian – penilaian positif dan negatifnya. Inilah yang sangat sulit dilakukan, banyak sekali pengaruh perubahan jaman yang bersifat negatif, tapi banyak juga yang positif. Tinggal bagaimana masyarakat membentengi diri dari perubahan yang bersifat negatif tersebut dan tetap menjaga budaya asli yang sudah ada.

Jember merupakan kota dengan multiculture atau percampuran dari berbagai budaya, dari Madura, Jawa, Sumatra, Bali dan dari berbagai tempat di Nusantara Indonesia. Percampuran ini yang menjadikan Jember mempunyai budaya tersendiri. Budaya di Jember mungkin berbeda dengan Lumajang, Banyuwangi, bahkan Bondowoso. Kota – kota disekitar Jember banyak mempunyai budaya yang turun temurun dari nenek moyang dulu, karena kota – kota tersebut merupakan bekas kerajaan - kerajaan kecil yang sudah ada sejak jaman dahulu kala dan mempunyai ciri khas budaya masing – masing.

Percampuran dan perkembangan budaya tersebut membawa dampak pada kehidupan masyarakat di Jember. Jember yang berkembang menjadi sebuah kota metropolis dan mandiri ini harus bisa menata kota agar nyaman, aman, bersih, teratur dan sudah pasti hijau. Perencanaan kota ini merupakan pekerjaan rumah dari birokrasi dan masyarakat Jember. Jangan sampai karena alasan ekonomi dan pembangunan, perencaan kota terabaikan. Jika perencaan kota tidak matang maka akan sangat merugikan masyarakat dan berokrasi harus bertanggung jawab atas perencanaan tersebut.

Banyak contoh kota – kota yang tidak mempunyai tata ruang yang bagus, pembangunan kota tersebut tidak terkendali bahkan situs – situs budaya berupa bangunan – bangunan diratakan dengan tanah untuk dibangun pusat – pusat perbelanjaan atau gedung – gedung tinggi. Mungkin saat ini tidak terasa akan kerugian dari pengerusakan tersebut. Tapi pada masa yang akan datang, anak cucu kita akan bertanya dimana pertama kali pusat pemerintahan di kota kita, dan kita akan menjawab ” Oo itu sekarang sudah jadi Mall ”. Hilanglah sejarah, hilanglah nasionalisme anak cucu kita, karena hanya tinggal cerita.

Percampuran budaya di kota Jember juga mempengaruhi seni arsitektur, banyak bangunan yang mengarah ke seni modern, sebagai contoh Masjid Jami’ Al Baitul Amien, yang dibangun pada tahun 70’an mengusung seni modern yang kontras dengan masjid Jami’ lama di sebelah kirinya yang tetap mengusung arsitek jaman Belanda moderen dengan detail garis tegas. Gaya design Masjid Jami’ baru mendobrak seni arsitektur islam indonesia yang cenderung bermain di relif dan bentuk kubah cungkup atau bulat. Bentuk bangunan yang keleruhannya adalah kubah ini lah yang membuat menarik, unik dan menimbulkan gaya tersendiri.

Selain itu design Masjid Baitur Roja’ mengusung design tersendiri. Percampuran design modern dan klasik nampak pada masjid ini. Garis – garis tegas sangat kental menghiasi keseluruhan masjid ini. Tampak pemakaian material batu alam yang merupakan kekayaan alam Jember, menjadi detail yang membuat kontras warna yang harmonis. Bukaan – bukaan yang lebar dari lantai dua dan jendela – jendela persegi panjang membuat sikulasi udara yang ngaman, walaupun pada siang yang panas.

Permainan kayu yang kontras dengan beton – beton penyangga kubah membuat detail interior yang harmonis dengan warna tanah yang membuat sejuk dan nyaman. Pemilihan warna yang harmonis juga sangat berpengaruh pada design masjid ini. Warna coklat tanah muda dipadu dengan putih dan warna batu alam dan kayu membuat kontras yang indah. Bahkan tata sinar lampu dan kop lampu disesuaikan dengan warna dan design interior masjid yang menambah kekuatan tampilan warna yang tampil.

Jaga budaya asli, ambil yang positif budaya yang baru.

(c) 2008 by Rudi B. Prakoso
















8 komentar:

Anonim mengatakan...

Fotonya bagus.

nanangbm mengatakan...

Fotonya bagus-bagus n artikelnya serasa baca jawapos,tambah lagi rud

Rudi B. Prakoso mengatakan...

Terima kasih komentarnya. Sekarang saya lagi nyoba nulis artikel. Dan hunting foto-foto. Tunggu artikel -artikel selanjutnya. Terima kasih

Anonim mengatakan...

Artikelnya Bagus...
asik...
sukses ya.........!!!

Agoeng mengatakan...

Asik

Rudi B. Prakoso mengatakan...

Terima kasih untuk yang sudah mengisi komentar. Untuk yang Anonim, tolong agar menyertakan alamat e-mail atau blog. Supaya kita bisa saling berinteraksi. Sekali lagi terima kasih.

HOLY BLOGu mengatakan...

cm mau menambahkan saja,,kata2 mas rudi yang saya kutip "Gaya design Masjid Jami’ baru mendobrak seni arsitektur islam indonesia yang cenderung bermain di relif dan bentuk kubah cungkup atau bulat. Bentuk bangunan yang keleruhannya adalah kubah ini lah yang membuat menarik, unik dan menimbulkan gaya tersendiri", sebenerNa gaya arsi islam indonesia itu bukan yang bberbentuk kubah2 gt.itu hanya bentuk adaptasi n akulturasi budaya dari timur tengah za. arsi islam indonesia itu justru spt yg ada di foto2 masjid yang ada di blog mas rudi sendiri.bs dkatakan, masjid tsb bgaya tradisional jawa dg atap tumpang joglo.nah, yang spt ini disebut arsi vernakular.

eh,,,ngm2 saya juga org jember....
skrg lg mengenyam pendidikan di jur.arsi ugm,,,,

lewat blog mas rudi,,,saya jd tau dikit2 ttg pkembangan arsi di jember.kyNa masNa jugag fotografer ya???

ahmad wahyudin mengatakan...

rumah dijual murah, harga rumah knock down kayu jati kuno mulai 20 jutaan.

RUMAH JAWA JOGJA adalah perusahaan jual beli rumah jawa dan pemborong bangunan untuk hunian, penginapan, pendopo, rumah makan, resort, guest house, villa dan lain sebagainya. Tim ahli dan segala keperluan pembangunan yang Anda butuhkan semua ada pada kami sehingga memudahkan Anda mengontrol pembangunan hanya dengan satu pintu.


Layanan kami meliputi :

-Jual beli rumah limasan, rumah joglo, rumah kampung, rumah geladak, lintring, gazebo, kandang sapi / kandang kebo, gebyok dll,

-Jasa bongkar pasang dan setting ulang segala type rumah jawa knock down,

-Pemborong bangunan,

- Arsitek,

-Konsultan,

-Desain taman,

-Desain Interior dan Eksterior.

-Dll.


RUMAH JAWA JOGJA beda dengan yang lain karena kami bukan sekedar MEMBANGUN RUMAH namun kami MEMBANGUN HUNIAN yang layak, artistik, keren, aman, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jasa yang kami tawarkan juga sangat berbeda dengan yang lainnya karena kami selalu memberikan pelayanan terbaik, tenaga kerja yang ahli dibidangnya, terlatih, profesional, loyal, jujur, berdedikasi, bertanggung jawab dan selalu mengedepankan keamanan sesuai dengan standar kontruksi di Indonesia.

Dengan pengalaman serta kemampuan yang kami miliki dan tenaga kerja berpengalaman yang ahli dibidang arsitektur rumah jawa, membuat kami yakin bahwa kami dapat membantu mewujudkan rumah impian anda.

Recomended links:
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo

Kawah Ijen