Sabtu, 10 Mei 2008

BBM, Benar Benar Mahal

BBM, Benar Benar Mahal

Tidak lama lagi pemerintah akan menaikkan harga BBM sampai dengan 50%, dan berarti pula akan berakibat akan naiknya harga - harga barang dan jasa di pasaran.

Memang jika pemerintah menaikkan harga BBM, subsidi yang selama ini di kucurkan untuk BBM akan dialihkan untuk kebutuhan yang lain. Subsidi untuk BBM memang cukup besar, mencapai Rp. 300 Trilyun pertahun. Dan uang itu hanya untuk BBM tidak untuk yang lain. Selama ini masyarakat mungkin tidak sadar bahwa sebenarnya pemerintah sudah banyak mengeluarkan dana untuk kebutuhan masyarakat lewat BBM. Selama ini masyarakat menganggap pemerintah tidak berpihak pada masyarakat. Selama ini masyarakat beranggapan bahwa biaya kesehatan mahal, pendidikan mahal, semuanya mahal. Hal ini diakibatkan karena biaya untuk pendidikan, kesehatan, dan lain - lain dialihkan hanya untuk mensubsidi BBM.

Menghilangkan subsidi BBM berarti mengurangi pengeluaran pemerintah sebanyak Rp. 300 Trilyun pertahun. Dan pengeluaran pemerintah sebanyak ini, bisa digunakan untuk yang lain. Misalnya untuk pendidikan, kesehatan, investasi untuk lapangan pekerjaan. Dan itu berdampak pada murahnya pendidikan, murahnya kesehatan, dan ketersediaan lapangan pekerjaan.

Dari sini masyarakat harus bijak dalam melihat kenaikan BBM ini. Memang kenaikan BBM ini akan berakibat pada yang lain. Ini merupan dampak yang memang terjadi jika ada perubahan.

Disini pemerintah sebagai pemegang keputusan harus juga bijak dalam menentukan keputusan. Jika memang pemerintah mengurangi subsidi BBM, maka subsidi itu bisa di alihkan untuk pos - pos pengeluaran yang lain.

Memang pemerintah akan memberlakukan pemberian tunai langsung pada masyarakat yang rencananya akan dikucurkan dana Rp. 100.000 per kepala keluarga. Ini sebagai social side effect yang diambil oleh pemerintah. Sebernarnya pemerintah harus cerdas dalam memberikan bantuan pada masyarakat akibat naiknya BBM. Uang sebanyak Rp. 100.000 akan habis dalam sehari untuk membeli kebutuhan pokok. Tapi jika uang Rp. 100.000 ribu ini diwujudkan dalam terwujutnya lapangan pekerjaan dan ketrampilan masyarakat mungkin uang Rp 100.000 ini akan lebih bermakna banyak misalnya mengurangi pengangguran, mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dan masyarakat akan berkembang tingkat perekonomiannya karena mereka mempunyai keterampilan dan mempunyai pekerjaan.

Selain itu pemerintah seharusnya juga cerdas dalam menaggulangi kelanggkaan BBM. Pemerintah seharusnya mendorong pembuatan bahan bakar arternatif seperti Biosel, Gas Alam, Angin, Matahari, Air dan lain - lain. Saat lalu pemerintah memang mengeluarkan INPRES tentang pemanfaatan biosel, tapi hanya isapan jempol atau istilahnya hangat - hangat tai kucing. Sebenarnya pengembangan biosel sangat membantu dalam pergantian BBM dari fosil ke BBM dari biosel. ( Mungkin pemerintah, DPR, MPR dll tidak pernah membaca majalah National Geograhic ). Selain itu pertamina sebagai perusahaan tunggal pengolah BBM harus selalu mengembangkan inofasi - inofasi dalam bahan bakar arternatif. Kembali lagi rasanya pemrintah dan pertamina berjalan sendiri sendiri, tidak ada titik temunya.

Selain itu pemerintah juga harus cerdas dalam menemukan sumber - sumber APBN misalnya sebagai contoh : Indonesia merupakan negara paling banyak perokoknya, bahkan sampai - sampai rokok menjadi kebutuhan pokok mengalahkan nasi, atau susu bagi masyarakat Indonesia. Bahkan ada komentar lebih baik merokok dari pada membelikan susu untuk anak. Dan Indonesia adalah salah satu produsen rokok terbesar juga di dunia, dan parahnya rokok di Indonesia adalah paling murah di dunia. Kita tahu bahwa rokok tidak ada baiknya untuk manusia, bahkan banyak menyebabkan penyakit ( yang sudah ditulis dalam bungkus rokok ). Dan kebanyakan perokok di Indonesia tidak sadar akan apa yang dilakukannya telah memberikan penyakit pada orang lain sebagai perokok pasif. Nah dari kenyataan ini pemerintah bisa menarik pajak sebanyak - banyaknya dari rokok. Saat ini rokok hanya dikenakan pajak 18% perbatang atau sebesar kurang lebih Rp. 50,-. Dengan kondisi Indonesia sebagai produsen rokok terbesar, negara yang penduduknya paling banyak perokoknya, dan harga rokok paling murah di dunia, maka untuk memperoleh Rp. 300 trilyun pertahun cukup mudah didapatkan dari rokok. Naikkan pajak rokok, buat rokok seharga BBM perbatangnya !!!!!!!!!!!!!.

Tapi masyarakat juga bijak dalam menghadapi kelanggakan dan kenaikan BBM, saat ini sudah tersedia ELPIJI yang di Indonesia gas ini tinggal colok saja di perut bumi Indonesia maka gas - gas ini sudah dapat dikomsumsi oleh masyarakat. Selain itu masyarakat harus sadar juga untuk tidak membuang - buang BBM untuk konvoi kampanye, jalan - jalan pakai mobil, berjalan atau naik sepeda lebih sehat dan bebas polusi, selain itu nyalakan AC secukupnya, gunakan lampu - lampu hemat energi, padamkan lampu kalau tidak perlu. Matikan alat elektronik kalau tidak digunakan. Dan yang paling penting tetap kreatif dalam menciptakan sumber energi baru dan dapat diperbarui.

Semoga Indonesia cepat lepas dari krisis sekarang ini. Amin

(c) 2008 by Rudi B. Prakoso

5 komentar:

Anonim mengatakan...

wah klo ngk salah 30% naiknya BBM,rokok jgn naik lagi donk gw bisa bangkrut,tapi blogmu jadi almanak masjid rud

Rudi B. Prakoso mengatakan...

Enggak bisa dong, kalau aku setuju dengan menaikkan cukai rokok. Lagian rokok khan di indonesia khan paling murah, paling banyak penggunanya,Indonesia adalah produsen rokok paling besar dan lagi yang punya pabrik rokok adalah salah satu orang terkaya.

nanang mengatakan...

tapikan beban pajak yg bayar yg ngerokok mending,Pemerintahan mbetulin jajarannya supaya dananya pada ngk nyeleweng kemana2,sebenarnya pajak sdh dibayarkan oleh perusahaan tapi dengan jumlah pajak yg ditentukan sendiri tapi dgn embel orang dalam pastinya jadi jgn salahkan kita donk orang kecil yg jelas orang pemerintahan sendiri yg salah kenapa mereka gaji kecil kan akhirnya memberdayakan korupsi

andri mengatakan...

Harga barang menjadi naik pasca kenaikan harga BBM adalah negatif impact. Pemerintah selalu bilang kenaikan harga BBM adalah untuk menghindari krisis ekonomi kedua, mau menghilangkan subsidi bagi orang kaya, apalagi...? tapi semua pembelaan pemerintah itu nggak pernah dijelaskan secara gamblang ke publik, saya bilang kurang transparan. Yang jelas, saya sebagai bagian dari orang Indonesia yang ingin bertahan hidup dan memperbaiki keadaan, ya...harus menemukan cara bagaimana untuk dapat survive di jaman saat ini, tapi bagaimana dengan saudara2 yang hidupnya sudah menggantung? harus ada badan yang bisa memberdayakan masyarakat, agar lebih kreatif, bersemangat dan bisa terus hidup. Dan orang itu bukanlah sosok pemimpin sentral, yang dibutuhkan adalah pemimpin lokal, yang dekat dengan orang2 yang bekerja otot. Agar apa yang dilakukan oleh mereka dapat diarahkan dan bisa berkelanjutan

ahmad wahyudin mengatakan...

rumah dijual murah, harga rumah knock down kayu jati kuno mulai 20 jutaan.

RUMAH JAWA JOGJA adalah perusahaan jual beli rumah jawa dan pemborong bangunan untuk hunian, penginapan, pendopo, rumah makan, resort, guest house, villa dan lain sebagainya. Tim ahli dan segala keperluan pembangunan yang Anda butuhkan semua ada pada kami sehingga memudahkan Anda mengontrol pembangunan hanya dengan satu pintu.


Layanan kami meliputi :

-Jual beli rumah limasan, rumah joglo, rumah kampung, rumah geladak, lintring, gazebo, kandang sapi / kandang kebo, gebyok dll,

-Jasa bongkar pasang dan setting ulang segala type rumah jawa knock down,

-Pemborong bangunan,

- Arsitek,

-Konsultan,

-Desain taman,

-Desain Interior dan Eksterior.

-Dll.


RUMAH JAWA JOGJA beda dengan yang lain karena kami bukan sekedar MEMBANGUN RUMAH namun kami MEMBANGUN HUNIAN yang layak, artistik, keren, aman, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jasa yang kami tawarkan juga sangat berbeda dengan yang lainnya karena kami selalu memberikan pelayanan terbaik, tenaga kerja yang ahli dibidangnya, terlatih, profesional, loyal, jujur, berdedikasi, bertanggung jawab dan selalu mengedepankan keamanan sesuai dengan standar kontruksi di Indonesia.

Dengan pengalaman serta kemampuan yang kami miliki dan tenaga kerja berpengalaman yang ahli dibidang arsitektur rumah jawa, membuat kami yakin bahwa kami dapat membantu mewujudkan rumah impian anda.

Recomended links:
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo

Kawah Ijen