Selasa, 08 Juli 2008

PLN Byar Pet

Sebuah fenomena yang terjadi di negeri ini.

Listrik saat ini adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh umat manusia selain O2, makan, dan BBM. Semua lini kehidupan manusia selalu menggunakan listrik, mulai proses membuat makan, pembuangan, bekerja, perekonomian, kesehatan, pendidikan dan lain - lain. Listrik adalah sesuatu yang vital dalam kehidupan manusia.

Saat ini di negeri yang kaya ini sedang mengalami krisis listrik. Dimana setiap hari terjadi pemadaman bergilir yang dilakukan oleh PLN. PLN yang merupakan perusahaan listrik milik negara merupan perusahaan yang memonopoli usaha listrik di negeri ini. Menurut PLN, selama ini mereka mengalami kerugian yang sangat tinggi. Padahal secara logika semua pelanggan PLN mulai dunia industri, perkatoran, perumahan, sampai penerangan umum membayar pada PLN. Tetapi kenapa PLN selalu merugi ?

Itulah yang mungkin harus diperiksa oleh KPK, pelanggan tetap membayar tapi PLN tetap merugi apakah tidak terjadi korupsi di badan PLN ?.

Pelanggan merasa sangat dirugikan oleh sikap PLN yang selalu memadamkan listrik, padahal ketika terjadi keterlambatan listrik maka dengan tanpa alasan PLN langsung memutus hubungan listrik. Padahal kalau listrik padam PLN tidak ambil pusing dengan kerugian pelanggan. Malah mereka berdalih akan mengganti rugi kerugian itu dengan berkurangnya pembayaran listrik pelanggan.

Ya sudah pastilah berkurang pembayaran beban pelanggan, wong pelanggan tidak menggunakan listrik karena padam.

Pemadaman listrik yang selalu menjadi momok pelanggan ini ditanggapi serius oleh pemerintah dengan akan dikeluarkannya SKB yang mangatur tentang hemat energi. Kalau mau jujur SKB itu tidak akan mengurangi beban listrik yang terjadi. Sebenarnya pemerintah bisa menyuruh PLN untuk membuat terobosan - terobosan baru untuk pembangkit daya listrik.

Apa mungkin para direksi PLN dan para menteri tidak pernah membaca membaca majalah national geographic yang selalu mengangkat tulisan - tulisan tentang hemat energi dan energi alternatif.

Sebagai salah satu contoh Indonesia adalah penghasil panas bumi besar bahkan hampir diseluruh kawasan di Indonesia mempunyai panas bumi, panas bumi ini dapat digunakan sebagai energi alternatif pembangkit tenaga listrik.

Angin yang bisa memutar kincir angin, kita tengok negara - negara eropa yang menggunakan angin sebagai tenaga pembangkit listrik. Indonesia adalah negara kepulauan, dengan garis pantai yang paling panjang di dunia merupakan salah satu energi yang bisa digunakan sebagai alternatif.

Matahari merupakan energi yang sangat bagus sebagai energi alternatif. Memang panel surya merupakan bahan mewah tapi sangat ekonomis untuk energi alternatif.

Nuklir merupakan energi alternatif yang sangat besar, memang resikonya tinggi tapi resiko itu bisa ditekan dengan pengembangan yang terus berlanjut.

Sebuah alternatif yang harus dipikirkan PLN, Pemerintah dan Masyarakat.

(c) by Rudi B. Prakoso

4 komentar:

nanang bm mengatakan...

waduh klo listrik itu harus dicari tenaga alternative,jember misalnya banyak tenaga alternative dari laut atau sungai belum kota berbukit banyak angin,tapi ya itu orang indonesia belum creative klo masalah itu kreativnya cuman cari uang

Syahmin. S mengatakan...

kalo pln padamin listrik harusnya mereka bayar ke pelanggan dong

andri mengatakan...

sori yoo mas...gak iso komen. ndasku ngelu, wakeh masalah nok pabrik. sing penting komunikasi terus yo...

bangrudy mengatakan...

hikmah dari byar-pet adalah....tenaga kerja dipabrik lilin dan korek api semakin sejahtera, karena banyak lemburan. he3..
bravo 4u friend

Kawah Ijen