Jumat, 27 Februari 2009

Sepekan Durian Sumberjambe

Jember memang kaya akan agroindustri. Jember yang kebetulan merupakan sentra Buah Naga ternyata menyimpan kekayaan lain selain buah naga, yaitu buah durian Durio zibethinus, buah yang mempunyai aroma khas, rasa yang manis dan daging yang lembut. Di Jember daerah penghasil durian kelas I adalah di Kecamatan Sumberjambe. Di Sumberjambe ini banyak dijumpai pohon-pohon durian, bahkan dari daerah ini di temukan varietas unggul durian yang telah memenangkan kontes-kontes durian mulai nasional sampai internasional.Pada tanggal 28 Februari sampai dengan 7 Maret 2009 di Ex. TPK Perhutani Jubung - Jember di laksanakan Pesta Durian " Sepekan Durian Sumberjambe ". Pengunjung bisa langsung makan ditempat durian-durian kelas I yang dipanen langsung dari Kecamatan Sumberjambe.

Tip untuk para mania durian :
Bagi penggemar durian, agar tidak menimbulkan hal-hal tak menyenangkan dengan orang yang tak menyukai bau durian, ada cara gampang untuk menghilangkan bau durian di jari-jari tangan dan mulut. Bersihkan jari tangan dengan mengaduk-aduk air di dalam pangsa durian (yakni ceruk kulit buah bagian dalam, bekas tempat daging dan biji durian menempel) dan air adukan tersebut jangan dibuang, tetapi digunakan untuk berkumur.

Durian dianggap sebagai makanan panas, dan sehabis makan durian biasanya tubuh kita akan berkeringat. Untuk mengatasinya, tuangkan air tawar pada bagian kulit buah yang telah kosong, lalu diminum. Selain itu, musim durian biasanya terjadi bersamaan dengan manggis yang dianggap mendinginkan badan. Oleh itu kedua buah ini biasanya dimakan bersama-sama.

Orang yang mempunyai penyakit darah tinggi dianjurkan agar menghindari durian karena buah ini dianggap dapat menambah tekanan pada darah.



Credit post:
(c) 2009 Teks by Rudi B. Prakoso and http://id.wikipedia.org
Location : Ex. TPK Perhutani Jubung Jember
Event : Sepekan Durian Sumberjambe

2 komentar:

bangrudy mengatakan...

wah...pas tanggal tua begini ada pesta durian. ck..ck..ck..

DOWNLOAD WINAMP SKIN mengatakan...

Hello! how are you?
You can download stylish skin for your winamp player in our website.

Kawah Ijen