Selasa, 09 September 2008

Indonesia dimata seorang tua



Beberapa waktu lalu saya berjalan - jalan di kawasan Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Desa Sabrang ini merupakan daerah 10 Km sebelum masuk di kawasan pantai Watu ulo.

Maksud hati ingin mencari jalan baru menuju pantai mayangan di kawasan pantai watu ulo, terus saya mengendarai motor, saya menemukan kawasan penambangan pasir didaerah aliran sungai mayang. Saya parkir motor dan berjalan menyusuri sungai.

Tak lama aku bertemu dengan seorang penambang pasir yang sedang duduk beristirahat. Ngobrol kesana - kesini dengan berbagai tema pembicaraan.

Penebangan pohon pada masa pemerintahan Gus Dur, telah mengakibatkan kawasan ini berubah. Gunung yang dulu hijau dengan pohon - pohon yang besar kini habis tinggal semak belukar mengakibatkan kekeringan. Para jagawana tak kuasa menahan para penjarah pohon. Saat ini perhutani menanam pohon jati dikawasan ini tapi untuk gunung tetap gersang.

Ingin rasa para penambang hidup lebih baik. Tapi apa daya harga pasir ditekan oleh tengkulak.

Harapan Indonesia lebih baik dari seorang tua

(c) 2008 & Picture by Rudi B. Prakoso

1 komentar:

bangrudy mengatakan...

Wah sering touring ya ? sip lah, posting terus biar kita bisa lihat2 potensi wisata dan ekosistem kita. Lanjut terus, selamat berkarya.

Kawah Ijen